Friday, May 18, 2012

Installasi PostgreSQL di Linux Ubuntu

Install PostgreSQL didalam Linux UBUNTU 11.10 (Oneiric Ocelot).
Apa yang kita butuhkan :


Download PostgreSQL 9.1.3 disini, untuk PostgreSQL terbaru silahkan cek disini


Apabila temen -  temen menginginkan cara install OFFLINE kedua Hal tersebut harus terpenuhi, kalau mau install ONLINE sih mudah, tinggal apt-get, saya tidak bermaksud memberikan cara yang sulit didalam installasi ini, kenapa ? Apabila temen - temen tidak ada koneksi inet kan agak bribet. Makannya saya berikan tutorial yang mudah, bisa diterapkan pada komputer konek internet maupun tidak. 

Keuntungan dengan installasi OFFline diantaranya, kita dapat dengan mudah mendistribusikan postgresql tersebut ke ubuntu laen, gk usah apt-get berkali2 dan menggunakan inet yang lemot, hehehe.....

Jujur saja sih, installasi ONLINE membuat saya tidak mandiri, kenapa ? karena saya harus ketergantungan internet untuk install software, bentar - bentar apt-get, 
Makannya saya menyukai installasi offline, hehehe...

Apabila postgresql sudah didownload, ikuti langkah2 yang akan dijelaskan dibawah ini :
1. Ubah permission dari postgresql-9.1.3-2-linux menjadi executable,
diterminal ketikan, sudo chmod +x postgresql-9.1.3-2-linux
2. Kemudian jalankan installasi, GUI-nya, caranya bagaimana, tinggal ketikan ./postgresql-9.1.3-2-linux
di terminal, maka akan keluar tampilan Splashscreen :

sabar bro, tunggu bentar akan keluar tampilan :
Dari tampilan diatas kita tinggal klik next, seperti installasi biasanya dalam windows, klik next akan muncul :
Gambar diatas menunjukan, mau dimana letak installasi postgresql tersebut, ditempat ane, ane install di folder /opt/PostgreSQL/, Apabila folder PostgreSQL didalam folder tidak ada, create folder PostgreSQL dulu bro, sampai sini klik next lagi, akan muncul tampilan seperti dibawah :
Itu isikan password user postgres, isikan dua kali, la disini postgres bertugas sebagai root kalau di mysql, dia memiliki hak akses tertinggi, apabila dua field diatas sudah diisi, klik next lagi bro...
Maka akan disuguhi tampilan seperti diatas, isikan port yang digunakan untuk menjalankan postgres, port standard dari postgres yaitu 5432, apabila tidak mau mendefinisikan sendiri port mana, biarkan saja dan klik next lagi, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.
Untuk database Cluster isikan Default Locale saja. klik next maka akan tampil seperti gambar dibawah  :
Gambar diatas, menunjukan bahwa postgresql sudah siap diinstall, klilk next. maka akan melakukan installasi seperti pada gambar dibawah.
Tunggu hingga selesai, apabila installasi sudah selesai maka akan disuguhi tampilan seperti gambar dibawah :
hilangkan tanda didalam stackbuilder agar tidak melakukan download additional tool, apabila sudah dihilangkan klik finish, dan lihat hasilnya di menu :

Tukan.... Postgresql dah berhasil di install, o iya, untuk pengolahan database postgresql ini, didalam postgresql 9.1.3 sudah default bawaan pgAdmin III , jadi disini kita tidak perlu repot untuk installasi pgadmin maupun phppgadmin, akan tetapi apabila temen - temen suka menggunakan phppgadmin, temen - temen juga bisa untuk install tersendiri.
Untuk cara penggunaan kita lanjutkan pada step berikutnya 

Dilarang keras, COPAS Seluruh artikel ini kedalam blog maupun website, usahakan dan biasakan cara berfikir temen - temen untuk selalu creative dalam posting blog.

2 komentar:

  1. THanks gan infonya...
    kebetulan ane lagi mau coba2 install offline Postgresql.

    http://darwinsusanto.wordpress.com/

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!