Sunday, May 13, 2012

PHP OOP

     Apa itu PHP OOP, PHP OOP itu sendiri adalah tata cara pemrograman berbasis Object Oriented yang dilakukan menggunakan PHP. Kenapa OOP lebih di sukai, dikarenakan Simpel, membuat programing kita lebih efisien, terhadap syntax maupun fikiran, karena didalam OOP itu sendiri kita tidak lepas dengan namanya class dan method, apabila class tersebut sudah  kita create atau diciptakan, didalamnya kita bisa mendefinisikan method - method yang akan kita gunakan, seumpama kita ingin membuat Objek, kita tinggal create new Objek terhadap class yang telah kita ciptakan tadi, apabila Object baru sudah dipanggil, kita bisa memanggil method terhadap Objek baru yang telah kita ciptakan tadi. Intinya, OOP dalam PHP tu hampir sama dengan java. Apabila teman - teman telah mempunyai modal pengetahuan tentang java, maka akan sedikit lebih mudah dalam implementasi OOP dalam PHP.

     Ok, sampai sini kita sudah mengerti apa yang dimaksud dengan PHP OOP, banyak juga keuntungan programing with OOP, apabila kita menggunakan PHP OOP kita akan lebih mudah dalam belajar Framework, Diantaranya CI(CodeIgniter), CakePHP dan banyak juga yang lain.


     Untuk lebih mudah dalam pengertian saya kasih gambaran tentang alur sederhana pembuatan Oject OOP dalam PHP.


     Dari gambar diatas dapat kita pahami, bahwa sebelumnya kita membuat 
- class mobil, yang ada disisi sebelah kiri, class mobil itu mempunyai variable warna dan merek. Selain itu mempunyai constructor berparameter warna dan merek. Tak hanya itu, class mobilpun memiliki function tampilWarna() dan tampilMerek.


     untuk menggunakan class mobil tersebut, kita menciptakan 2 object, yaitu sedan dan pickup. disetiap create object tersebut menggunakan parameter warna dan merek lihat sedan = new mobil(warna, merek) yang nantinya akan ditangkap oleh parameter didalam __constructor(warna, merek) (parameter itu variable yang ada didalam kurung function atau constructor, kalau diatas dikasih nama warna pada parameter 1, merek pada parameter kedua, sehingga function atau method tersebut dapat dibilang mempunyai 2 parameter.)


     kenapa ditangkap oleh __constructor(warna, merek). Karena constructor adalah funtion/method bawaan default yang dipunyai dalam class tersebut, sehingga saat kita mengcreate objek, maka constructor tersebut akan otomatis di load, tanpa harus menggunakan definisi panggilan method.


     Apabila object berhasil kita ciptakan, kita dapat memanggil method/function yang ada didalam class mobil. didalam class mobil ada function/method tampilWarna() dan tampilMerek.
cara pemanggilannya seperti apa nama_object->nama_method.
  1. apabila object sedan ingin memanggil method tampilWarna tinggal sedan->warna
  2. apabila object sedan ingin memanggil method tampilMerek tinggal sedan->tampilMerek()
bagaimana dengan object pickup ???, sama saja dengan pemanggilan pada object sedan. untuk lebih jelasnya kita bisa melihat latihan berikut

0 komentar:

Post a Comment